Friday, December 27, 2013

Menjadi Role Model bagi Orang Lain



Siapakah tokoh yang membuat Anda terinspirasi?
Siapakah artis yang Anda sukai?
Siapakah pemain sepak bola yang Anda kagumi?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu dapat kita jawab satu persatu namun bisa saja jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut berbeda setiap orang. Tentunya kita punya alasan mengapa kita mengagumi, menyukai, atau membuat kita terinspirasi kepada seseorang. Entah karena sikapnya, kemampuannya, kehebatannya, kepintarannya, atau pun ada nilai positif lain yang membuat orang itu menjadi magnet bagi diri kita.

Sekarang pertanyaannya adalah pernahkan Anda berpikir bagaimana menciptakan magnet sendiri untuk menarik orang lain ke dalam dunia Anda?
Magnet disini adalah sebuah role model atau teladan. Menurut wikipedia, role model adalah person who serves as an example, whose behavior is emulated by others atau sesorang yang berperilaku yang dapat dicontoh oleh orang lain. Tentunya yang dimaksud disini adalah perilaku yang positif. Jika kita sebagai seorang pemimpin dalam suatu organisasi, maka hal ini menjadi sangat krusial mengingat banyak pasang mata yang sedang mengamati diri kita. Banyak sekali arahan dan perintah dari pemimpin yang diinstruksikan kepada bawahan dengan tujuan pekerjaan dalam organisasi tersebut dapat berjalan dengan semestinya. Bayangkan saja jika seorang pemimpin tidak memiliki teladan, pastinya anggotanya tidak akan mendengarkan apa yang dibicarakan pemimpin tersebut. Contohnya ketika seorang atasan ingin menegur bawahannya yang sering terlambat masuk kerja sedangkan dia sendiri juga suka terlambat masuk kerja, lalu apa tanggapan si bawahan tersebut setelah mendapat teguran si atasan? Anda pasti dapat memperkirakannya sendiri.

Role model tidak mutlak harus dimiliki oleh seorang atasan karena kita sendiri tiap individu adalah seorang pemimpin minimal pemimpin bagi dirinya sendiri dan keluarganya. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang teladan bagi orang lain? Ada 3 kompetensi dasar yang dapat menjadikan diri kita sebagai role model dan inspirator bagi orang lain:

1. Knowledge
Seorang pemimpin harus mempunyai dan menguasai pengetahuan atau wawasan yang luas di berbagai bidang, khususnya bidang yang di gelutinya. Pemimpin yang mempunyai dan menguasai pengetahuan yang luas mampu melihat segala hal jauh kedepan, membuat sasaran-sasaran yang tepat dengan perencanaan yang hebat serta strategi yang kuat. Pengetahuan dan keterampilan seorang pemimpin yang profesional tidak akan disimpan untuk dirinya sendiri tetapi dapat dibagikan kepada rekan kerja, bawahan, maupun atasannya. Jangan takut untuk berbagi ilmu, karena semakin kita membagikan ilmu kepada orang lain semakin banyak pula yang kita dapat dan dapat meninggikan derajat kita di mata mereka.

2. Human Skill
Seseorang pemimpin memiliki kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain. Hal inilah yang digunakan pemimpin profesional dalam menjaga timnya agar tetap semangat, antusias dan mengerti serta paham apa yang menjadi sasaran mereka. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan asertif sehingga mampu mengkomunikasikan apa yang menjadi sasaran tim dengan jelas dan memastikan setiap anggota tim tahu kemana tim ini akan berjalan. Memotivasi anggota tim untuk memberikan yang terbaik dan mau menerima suatu tanggung jawab tanpa takut untuk mendelegasikan.

3. Attitude Quality
Antusias dan semangat tinggi dalam mencapai tujuan adalah sikap diri yang paling disorot dari seorang pemimpin. Loyal terhadap tim dan perusahaan serta selalu menciptakan lingkungan kerja yang  merupakan beberapa karakter yang perlu dimiliki seorang pemimpin untuk menjadi role model. Intinya adalah seorang pemimpin mampu memberikan aura yang positif bagi dirinya sendiri maupun bagi timnya. Berpikir dan berjiwa besar dalam menanggapi suatu permasalahan serta dapat menjaga sikapnya di depan timnya.

Sekarang pilihan ada di tangan Anda, kapan Anda dapat memulai untuk menjadi Role Model untuk orang lain?
Tekadkan diri kita untuk memulai SAAT INI JUGA...

0 comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger